Hubungan pengobatan tradisional dengan kalangan medis



Berawal dari kebutuhan persediaan obat yang sangat mendesak pada zaman pendudukan jepang, kalangan medis mulai melakukan banyak penelitian dan uji klinis terhadap  banyak tanaman obat, terutama tanaman obat aslli Indonesia.Saat ini dengan perkembangan yang sangat pesat dari penelitian-penelitian tanaman obat, kalangan medis banyak yang menganjurkan untuk menggunakan pengobatab dengan ramuan tradisional.Perkembangan ramuan tradisional lebih dipercepat lagi dengan publikasi-publikasi yang dilakukan oleh media massa, baik radio, televisi maupun media cetak.Beberapa koran terkemuka sudah memiliki rubrik khusus untuk ramuan tradisional.Buku-buku mengenai ramuan tradisional yang ditulis oleh beberapa dokter yang mempunyai banyak pengalaman dengan ramuan tradisional, sudah banyak ditemukan di toko-toko buku besar.

a.Apakah pengobatan dengan ramuan tradisional dapat memberikan hasil yang sama dengan menggunakan obat-obatan buatan pabrik/pengobatan modern ??
  Pengobatan dengan menggunakan ramuan tradisional hasilnya memang tidak secepat dengan obat-obatan pabrik.waktu penyembuhan dengan ramuan tradisional lebih lama jika dibandingkan dengan waktu peyembuhan dengan pengobatan secara modern, karena sifat pengobatan dengan ramuan tradisional adalah konsruktif.Artinya pengobatan dilakukan secara perlahan tapi menyeluruh.
  Berbeda dengan pengobatan modern yang bersifat destrukif.Artinya, pengobatan dilakukan dengan cepat, karena menggunakan obat-obatan kimiawi dengan dosis cukup tinggi, tetapi belum tentu cocok dan aman untuk bagian tubuh lainnya.beberapa orang dokter masih mempertahankan pengobatan dengan obat-obat buatan pabrik dan mengkombinasikannya dengan ramuan tradisional.Selanjutnya, penggunaan obat-obat buatan pabrik dilepaskan secara perlahan, agar tubuh tidak bereaksi negatif.Namun, beberapa bahan kimia yang belum ada substitusinya dengan obat tradisional tetap dipertahankan, contohnya nitrogliceryn untuk penyakit jantung.

b.Cara dokter memberi obat tradisional kepada pasien
 Karena tiak semua orang percaya terhadap kemampuan obat tradisional dalam membantu proses penyembuhan, dokter akan melakukan cara-cara sebagai berikut:
  1. Memberi pilihan kepada pasien mengenai kesediaanya menggunakan obat tradisional untuk membantu proses penyembuhan penyakit yang dideritanya jika setelah diupayakan ternyata penggunaan obat-obat kimiawi tidak memberikan perubahan terhadap penyakitnya.Penggunaan obat-obat tradisional tetap didasarkan pada diagnosis medis dan prosedur kerja seorang dokter, sehingga tetap dilakukan pemeriksaan tekanan darah , suhu tubuh dan uji laboratorium.
  2. Obat tradisional diberikan secara bertahap, jadi tidak langsung mengganti obat kimia yang selama ini sudah digunakan.
  3. Menganjurkan dilakukannya tindakan operasi jika memang kondisinya menuntut dilakukan operasi.
  4. Memberikan penjelasan kepada pasien bahwa obat tradisional bukan obat untuk menyembuhkan penyakit yang diderita pasien, melainkan hanya membantu proses penyembuhan.
  5. Pemberian obat tradisional tetap dibawah pengawasan dokter, berdasarkan prosedur kerja standar dikalangan medis, sehingga tidak melenceng dari penyembuhan secara medis dan dapat dipertanggungjawabkan pemakaiannya.
Semua cara diatas dilakukan dengan terlebih dahulu membuat surat perjanjian antara pasien dan dokter, sehingga dikemudian hari tidak ada hal-hal yang menyebabkan perselisihan.

c. Mujarabkah obat tradisional mengobati jenis penyakit tertentu ??
  Kesesuaian atau kecocokan bahan baku ramuan tradisional untuk mengobati suatu jenis penyakit memang didasarkan pada pengalaman turun-temurun.Selama ini obat tradisional dianggap cukup manjur untuk mengobati berbagai macam penyakit.selain itu, metode farmakologi modern senantiasa berhasil mengungkap adanya dasar-dasar ilmiah dibalik resep-resep ramuan tradisional.Disisi lain, rendahnya pengetahuan terhadap kandungan senyawa berbagai tanaman obat kadang-kadang membuat pengobatan tradisional terasa masih meragukan.Memang ingga saat ini belum semua tanaman penghasil obat sudah diteliti secara farmakologis khasiat dan kandungannya.Pada akhirnya, resep-resep tradisional tersebut juga harus dapat dipertanggungjawwabkan secara medis dan ilmiah.

1 Response to "Hubungan pengobatan tradisional dengan kalangan medis"

  1. wihh nice info, saya pengunjung setia web anda
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
    Pengobatan Kista Ovarium

    ReplyDelete