Pengertian Ramuan Tradisonal

 

Apakah yang dimaksud dengan ramuan tradisonal ??
  selamat sore sahabat ragam alami, apakah sahabat semua tahu apa yang dimaksud dengan ramuan tradisional itu ??
Ramuan  tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Metode ini sangat erat kaitannya dengan tradisi nenek moyang manusia pada zaman dahulu, ketika proses pengobatan masih dilakukan secara primitif dengan berbagai jenis tanaman yang diyakini mempunyai khasiat obat.Karena itu, ramuan ini disebut dengan "Ramuan Tradisional" atau "Obat Tradisional".Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh disekitar kita, seperti dihalaman rumah, pinggir jalan atau didapur sebagai bahan bumbu masakan.

A.Sejak kapan ramuan tradisional digunakan untuk pengobatan ??
  Tidak dapat dipastikan sejak kapan ramuan tradisional digunakan untuk pengobatan, karena tidak ada tulisan yang jelas menyebutkan waktunya.Namun, dari informasi yang berkembang selama ini, disebutkan bahwa pengobatan tradisional telah dilakukan oleh nenek moyang sejak zaman dahulu, dan diwariskan secara turun-temurun kepada anak cucunya.Artinya, pengetahuan mengenai ramuan tradisional diterima dari angkatan sebelumnya dan dipergunakan begitu saja sesuai dengan pengalaman atau anjuran angkatan sebelumnya.
  Di Indonesia, Penggunaan ramuan tradisional erat kaitannya dengan pengobatan tradisional yang diwariskan secara turun-temurun.Pembuatan dan penjualannnya biasanya hanya dilakukan oleh para dukun di desa, penjual jamu gendongan, dan kadang-kadang oleh seorang pelayan atau perempuan tua yang berasal dari desa.namun keaadan tersebut berubah dengan cepat, ditandai dengan dengan kedatangan para tentara jepang di pulau jawa pada tahun 1942.sejak saat itu, dipicu oleh menipisnya persediaan obat-obatan paten, dokter-dokter di Indonesia terpaksa mencari alternatif obat-obatan baru sebagai penggantinya, terutama yang terdapat di lingkungan sendiri.Sejak saat itu obat-obatan yang berasal dari tanaman asli Indonesia mulai mendapat perhatian yang layak dari dunia ilmu kedokteran di Indonesia.

B.Apakah ramuan tradisional hanya dikenal di Indonesia ??
  Selain di Indonesia, ramuan tradisional juga ditemukan di negara lain.berbagai bangsa telah mengembangkannya sejak lama, diantaranya Cina, Jepang, korea, India dan berbagai negara di Afrika.Bahkan Cina terkenal sebagai "gudangnya" ramuan tradisional.
  Pengobatan dengan ramuan tradisional, di negeri tirai bambu ini telah dilakukan sejak zaman dinasti ming, sekitar tahun 1368-1644.Pada zaman itu para tabib secara turun-temurun rajin mencatat berbagai resep berkhasiat obat yang mereka temukan.Kurang lebih ada sekitar 3000 buku ramuan obat cina yang sampai sekarang masih banyak digunakan.
  Sementara itu, jauh sebelum negara lain membuat klinik-klinik pengobatan tradisional yang diawasi oleh dokter-dokter dirumah sakit, bangsa india sudah terlebih dahulu meresmikan klinik-klinik tradisional di rumah sakit.
  Di Indonesia, pengobatan secara tradisional juga banyak berkembang dan diwariskan secara turun-temurun di kalangan keraton di jawa.Di kalangan keraton-keraton, para ahli pengobatan dan kecantikan sangat disiplin mencatat dan mendokumentasikan berbagai resep ramuan tradisional.Di antaranya terngkum dalam serat primbon jampi jawa, yang hingga kini masih banyak digunakan dilingkungan keraton Yogyakarta hadinigrat.

C.Apakah benar bahwa ramuan tradisional sudah ketinggalan jaman ??
  Adanya kecenderungan gaya hidup back to nature, justru membuat pengobatan tradisional semakin meningkat pemakaiannya.Ditunjang lagi dengan banyaknya kalngan medis yang ikut mengembangkannnya, sehingga mulai bermunculan dokter-dokter yang mengkombinasikan cara pengobatannya dengan ramuan tradisional.dengan demikian, pernyataan yang mengatakan bahwa pengobatan tradisional sudah ketinggalan zaman tidak tepat.

1 Response to "Pengertian Ramuan Tradisonal"

  1. Ayo buruan daftarkan diri anda segera dan ajak temanmu bergabung bersama kami !! Dapatkan pendapatan SPEKTAKULER Setiap Minggu nya dari Texasbola

    Nikmati Promo Terbaik Dari Kami Untuk Pecinta Betting Online :
    •PROMO BONUS SPORTBOOK 10% NEW MEMBER
    •PROMO BONUS CASHBACK SPORTBOOK 5-15%
    •PROMO BONUS CASINO 10 NEW MEMBER
    •PROMO BONUS ROLLINGAN 07-1% SETIAP MINGGU NYA
    •PROMO BONUS SABUNG AYAM 10% NEW MEMBER
    •PROMO BONUS NEXT DEPOSIT 5%
    •PROMO BONUS CASHBACK 5% SABUNG AYAM SETIAP MINGGU NYA
    •BONUS REFERRAL 1.5 & 10 %

    Untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi kami dibawah ini:
    • PIN BB : 2B6802A4 / D8CE2524
    • LINE ID : texasbola
    • Whats Up : +6282275282558 / +6285361221912
    • SKYPE : texasbola303@gmail.com
    • Instagram : texasbola_303

    ReplyDelete